Pages

Selasa, 18 April 2017

Pompa Angin Hidrolik Ban Sepeda


            Dalam fisika pompa angin ini sering disebut pompa hidrolik ban sepeda.Pernahkah kamu memompa ban sepeda?Apakah kamu mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukannya?
 

Pompa hidrolik menggunakan prinsip energy kinetic dalam fisika


Jika kamu merasa kelelahan, dapat dipastikan bahwa kamu menggunakan pompa yang tidak memanfaatkan sistem Pascal. Ada dua jenis pompa sepeda, yaitu pompa biasa dan pompa hidrolik. Pada pompa hidrolik ini kita memberi gaya yang kecil pada pengisap kecil sehingga pada pengisap besar akan dihasilkan gaya yang cukup besar, dengan demikian pekerjaan memompa akan menjadi lebih ringan, bahkan dapat dilakukan oleh seorang anak kecil sekalipun.

          Pompa hidrolik juga menggunakan kinetik energi dari cairan yang dipompakan pada suatu kolom udara dan energi tersebut dikonversikan menjadi energi yang berbentuk lain (energi tekan). Pompa ini berfungsi untuk mentransfer energi mekanik menjadi hidrolik.

         Sehingga dengan membuat video ini kita bisa lebih mudah memahami konsep fisika pada terapan alat kehidupan sehari-hari khususnya pada alat pompa hidrolik ban sepeda

0 komentar:

Posting Komentar