Pages

Selasa, 18 April 2017

Teori Gas Ideal pada Minuman Bersoda






           Pada saat kita menuangkan minuman bersoda pada sebuah gelas. Coba perhatikan apa yang terjadi pada saat kita menuangkan airnya ke dalam gelas secara perlahan-lahan? Secara bersamaan  di dalam  gelas itu akan terpisah menjadi 2 bagian yaitu air dari minuman tersebut dan juga gelembung-gelembung gas di bagian permukaan.
            Selain itu, bila kita perhatikan, gelembung-gelembung yang ada di dasar gelas lebih kecil dan lebih rapat bila dibandingkan dengan gelembung-gelembung yang ada di bagian permukaan gelas. Gelembung-gelembung di permukaan gelas lebih besar dan lebih renggang. Pernahkah terpikir oleh anda, apa yang menyebabkan gelembung-gelembung di permukaan lebih besar dan kecepatannya bertambah ketika 
mendekati permukaan gel

Gelembung gas pada minuman bersoda

         
          Karbon dioksida (CO2) merupakan gas yang dihasilkan pada proses fermentasi pada saat pembuatan minuman bersoda ini. CO2 inilah yang terkandung di dalam gelembung-gelembung tersebut. Volume gas di dalam gelembung-gelembung ini tentu berkaitan dengan tekanan (P), suhu (T) dan juga jumlah molekul (n). Hal ini berkaitan dengan persamaan gas ideal, yakni :
pV=nRT
            Salah satu unsur dari persamaan gas ideal ini tentu merupakan faktor yang membuat gelembung-gelembung gas tersebut semakin besar. Pada kasus ini, suhu pada seluruh minuman di dalam gas tersebut adalah sama, sehingga dapat dikatakan bahwa volume gas di dalam gelembung tersebut berubah bukan dikarenakan factor suhu mutlak (T).
            Kemudian kita lihat pada factor tekanan (p). bila kita perhatikan, semakin gelembung tersebut naik ke atas, maka kedalaman dari minuman tersebut pun berkurang. Sehingga dapat dikatakan bahwa tekanan hidrostatik pada minuman juga berkurang (p=ρgh). Sebagaimana yang diketahui bahwa tekanan berbanding terbalik dengan volume ( . Sehingga apabila tekanan pada minuman tersebut berkurang, maka dapat dikatakan bahwa volume gas pada gelembung tersebut bertambah.


0 komentar:

Posting Komentar