Pages

Selasa, 18 April 2017

Ketapel, Mainan Pelontar Peluru dari Batu





         Apa itu ketapel? Ketapel yang kita kenal yaitu sebuah alat mainan untuk melempar batu. Sebuah ketapel biasanya terbuat dari kayu dengan dua karet yang di ikatkan pada kedua sisinya. Alat yang sederhana ini mampu melukai seekor binatang bahkan manusia, ada beberapa sebagian orang yang mengoleksi ketapel untuk perlengkapan pada saat berburu, mungkin karena tidak ingin repot akan bahan pelurunya karena cukup menggunakan kerikil yang bisa dengan mudah di temukan di sembarang tempat. Menggunakan ketapel juga sangat mudah, tinggal isi dan pasang kerikil, lalu tarik dan lepas

Ketapel menggunakan prinsip fisika yaitu gaya pegas

         Taukah kalian bahwa alat sederhana ketapel bekerja menggunakan prinsip fisika? . Ketapel bekerja berdasarkan gaya pegas. Semakin kuat dalam menarik maka akan semakin jauh kerikil ini akan terlontar, bahkan bisa ratusan meter. 
          Mainan ketapel biasanya di mainkan oleh anak laki-laki, jika kita mengingat masa kecil dahulu kita sering memainkan mainan seperti ini bersama teman-teman untuk berburu burung dan binatang kecil lainya, tidak hanya itu biasanya di adakan lomba memainkan ketapel, siapa dapat mengenai target itulah yang menang, target biasanya sebuah botol atau kaleng.

         Sebuah ketapel tidak hanya dimainkan oleh orang Indonesia saja, di luar negeripun sudah sejak lama orang tau ini, bahkan seorang dewasa pun banyak yang menggunakan alat sederhana ini sebagai pengganti mainan dan senjata lainya, sebab jika memiliki senjata lainya memerlukan izin tertentu, dengan memiliki senjata ketapel tidak perlu repot dengan surat izin yang merepotkan. 

        

0 komentar:

Posting Komentar